My Social Media

Kamus

Kamis, 24 Februari 2011

Estetika

PENDAHULUAN

Perasaan keindahan dimiliki setiap orang dan ini dapat timbul bila syarat-syarat keindahan terpenuhi untuk menggugah jiwa secara terus-menerus. Dan kepuasan dari ggugahan jiwa inilah yang menjadi pondamen dari kepuasan artistik.
Teori estetik dapat dibagi tiga, yaitu:
a. Teori estetik formil, mengatakan bahwa keindahan luar itu adalah keseluruhan menyangkut bentuk dan warna.
b. Teori estetik ekspressions, mengatakan bahwa keindahan itu tidak selalu terjelma dari bentuknya tetapi lebih-lebih lagi dari maksudnya atau ekspressinya.
c. Teori estetis psikologi, mengatakan bahwa keindahan mempunyai tiga aspek, yaitu:
- Bahwa keindahan adalah akibat dari emosi yang hanya dapat diperlihatkan dengan prosedur psikoanalitik.
- Bahwa keindahan itu ialah ritme yang sederhana dan mudah.
- Bahwa keindahan itu adalah akibat rasa kepuasan dari sipenglihat (yang mengalaminya sendiri) terhadap objek yang dilihatnya.
Dari ketiga teori di atas, dapat disimpulkan bahwa keindahan pada hakekatnya adalah perasaan kepuasan. Pada arsitektur, keindahan adalah beauty dari suatu bangunan, suatu kota, dsb.
Menurut Pythagoras dan Aristoteles, keindahan (beauty) adalah karakter dari suatu objek, objek itu bisa terdiri dari bermacam-macam elemen yang menghasilkan effek kesatuan (unity) terhadap sensasi dari yang mengalaminya (yang melihatnya).
Dalam tulisan ini, saya akan menguraikan kritikan Estetika terhadap bangunan yang saya tinggali saat ini. Bangunan ini terletak di Kompleks PU, tepatnya di Jl. Muhajirin Lrg.2 (Samping kampus UNM Parangtambung). Bangunan ini terdiri dari 3 lantai, dan kamar yang saya tinggali berada di lantai2. Jadi, saya akan membahas unsur-unsur Estetika pada bangunan lantai2 secara khusus dan keseluruhan bangunan pada umumnya.

ULASAN/ PEMBAHASAN

Dari segi fungsi, perancangan bangunan telah sesuai dengan fungsinya yaitu sebagai tempat kost khusus putri. Fasilitas yang disediakan oleh pemilik pondok pun telah memenuhi kebutuhan aktifitas sehari-hari penghuni kamar. Bentuk bangunanya taratur, yaitu berbentuk kubus dan persegi sehingga memberi kesan statis, stabil, formal, monoton, dan masif. Pintu-pintu dan jendela-jendela, kolom, dinding,atap, merupakan suatu kesatuan sehingga melahirkan suatu karya yang bernilai estetika. Kelompok jendela yang diletakkan memiliki jarak yang sama besar, deretan kolom yang bentuk dan ukurannya sama, serta ornamen-ornamen dari dinding teras yang diulang-ulang menciptakan suatu nada dari ritme sebagai bentuk keseluruhan dari bangunan tersebut sehingga memberi aspek keindahan. Klimaks (aksen) bangunan ini berada pada bentuk teras depan dengan tiang penyangga yang berukuran besar dengan komposisi warna yang menarik sehingga pada titik itu orang dapat merasakan keindahan, kepuasan, ataupun kemegahan.
Bangunan ini memanjang dari arah utara ke salatan sehingga kamar yang terletak di bagian barat bangunan akan merasakan terik matahari di sore hari sehingga dapat mengganggu kenyamanan penghuni kamar. Masalah kebersihan juga perlu diperhatikan, meskipun telah ditetapkan jadwal membersihkan bagi penghuni kamar, kadangkala ada sebagian penghuni kamar yang tidak mengindahkan aturan tersebut sehingga kondisi bangunan pada teras, dapur, dan kamar mandi terlihat kotor. Hal ini dapat merusak aspek keindahan dari bangunan tersebut. Tumpukan sampah pun sering terjadi karena jadwal pengangkut sampah hanya datang sekali dalam seminggu, bahkan tumpukan sampah itu sering berserakan ditiup angin karena kapasitas tempat sampah tidak memadai. Kebiasaan penghuni kamar menjemur pakaian di reiling teras perlu diperhatikan karena dapat merusak aspek keindahan bangunan.
.



PENUTUP

Kesimpulan:
Secara keseluruhan, bangunan tempat tinggal saya memiliki aspek keindahan yang baik, namun kebiasaan buruk para penghuni kamar perlu diperhatikan karena dapat merusak aspek keindahan tersebut.
Saran:
1. Para penghuni kamar harus menjaga kebersihan bangunan dan lingkungan.
2. Para penghuni kamar harus mematuhi aturan yang telah dibuat oleh pemilik pondokan.
3. Pemilik pondok sebaiknya memasang tirai/ penghalang cahaya di teras bangunan agar sinar matahari sore tidak langsung masuk ke kamar penghuni.
4. Sebaiknya sampah diangkut dua kali seminggu.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Always Merah Putih